...semoga semua pihak yang terlibat dengan tulisan ini medampat pahala dari Allah, penulis maupun yg membaca Nya...Insya Allah...amin....

freej

Monday 1 February 2016

Surat At-Takasur (QS 102)


Artinya:
"1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu
2. Sampai kamu masuk ke dalam kubur
3. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu)
4. Dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui
5. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin
6. Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka jahim
7. Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin
8. Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia)."

Asbabul Nuzul (Sebab Turunnya)

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari Ibnu Buraidah yang berkata, "Ayat ini turun berkenaan dengan dua kabilah dari golongan Anshar, yaitu Bani Haritsah dan Bain Harits yang saling membanggakan diri dan merasa lebih. "Apakah pada kalian ada yang seperti si Fulan dan si Fulan?" Pihak yang satu lagi juga melakukan hal serupa. Mereka saling membanggakan diri dalam hal orang-orang yang masih hidup.

Selanjutnya, mereka saling berkata, "Mari pergi ke pekuburan. Di sana, samil menunjuk-nunjuk ke kuburan. Kedua pihak juga saling berkata, "Apakah pada kalian ada yang sehebat si Fulan daan si Fulan?" Allah lalu menurunkan ayat, "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu sampai kamu masuk ke dalam kubur."

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ali yang berkata, "Sebelumnya, kami agak ragu terhadap keberadaan azab kubur hingga turunlah ayat, "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu." sampai ayat 4, kemudian sekali-kali tidak. Kelak kamu akan mengetahui yang berbicara tentang azab kubur.

Penjelasan Ayat

Ayat 1 dan 2:
Memberikan gambaran kepada orang-orang yang beriman bahwa kebanyakan manusia mendambakan dan membanggakan kemewahan di dunia. Sifat ini akan terus ada hingga kematian menghampiri mereka dan melupakan mereka pada tujuan hidup yang sebenarnya, yaitu mengabdikan diri pada Allah swt.

Ayat 3-5:
Sebagai bantahan bahwa mereka tidak akan mendapatkan apapun dari sikap suka membangga-banggakan kemewahan dunia maka mereka akan mengetahui balasan dari perbuatan mereka itu.

Ayat 6-8:
Mereka akan mendapat balasan, yaitu mereka akan menyaksikan neraka Jahim, mereka akan merasakan siksaan di dalamnya, dan kemegahan yang dibangga-banggakan di dunia tidak akan bisa menolongnya lagi.

Semoga bermanfaat dan kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

No comments:

Post a Comment