...semoga semua pihak yang terlibat dengan tulisan ini medampat pahala dari Allah, penulis maupun yg membaca Nya...Insya Allah...amin....

Rabu, 04 Januari 2012

Surat Az- Zumar (QS : 39)

PENGERTIAN

- Bahasa --- azzumar berarti rombongan-rombongan

QS 39:71 ---

QS 39:73 ---

- Tafsir/isyarat --- Ditempatkannya manusia diakhirat nanti berdasarkan kualitas ‘shudur’ (batin)nya.

QS 39:71 ---

QS 39:73 ---

QS 39:7 --- Jika kamu kafir (ketahuilah) maka sesugguhnya Allah tidak memerlukanmu dan Dia tidak meridhai kekafiran hamba-hamba Nya. Jika kamu bersyukur, Dia meridai kesyukuran itu. Seseorang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam dada(mu).


HUBUNGAN QS 38 dengan QS 39


Jika QS 38 berbicara tentang SHudur yaitu batin yang menjadi pusat informasi dalam diri manusia yang harus dijaga, QS 39 menjelaskan bahwa kualitas batin itulah yang akan menentukan di rombongan (zumar) mana nanti kelak kita akan ditempatkan.

QS 11:105 --- Ketika hari itu datang, tidak seorangpun yang berbicara, kecuali dengan izinnya; maka dia di antara mereka yang sengsara dan ada yang berbahagia.

QS 42:7 --- Dan demikianlah………… Segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka.


PELAJARAN


  1. Sehebat apapun keadaan kita sekarang ini, tetap saja kita semua akan berakhir dengan kematian. Namun perjalanan setelah kita meninggalkan dunia ini tergantung kepada kualitas shudur (batin) kita, bukan tergantung kepada kehebatan yang kita punya sekarang ini.

  1. Bagaimana caranya agar kita termasuk rombongan orang yang bertakwa seperti yang terdapat pada QS 39:73.--- Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantara ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.

Hindari ciri2 orang kafir yang terdapat pada QS 39:71 --- Orang-orang yang kafir digiring ke neraka Jahanam secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (neraka) pintu-pintunya dibukakan dan penjaga berkata kepada mereka “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul dari kalangan kamu yang membacakan ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan (dengan) harimu ini? Mereka menjawab, “Benar, ada” tetapi ketetapan azab pasti berlaku terhadap orang-orang kafir.………

--- Yang dimaksud disini adalah jangan sampai kita mempunya cirri orang kafir, yaitu yang tau bahwa Rasul-rasul telah datang membaca ayat-ayat Tuhan dan memberi peringatan tentang hari akhir. Tapi mereka tidak mengikutinya.


  1. Apa yang harus kita lakukan hari ini juga, agar termasuk rombongan orang yang bertakwa.

    1. QS 39:53--- Katakanlah, “Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Lakukanlah pesan-pesan Allah di ayat2 tersebut diatas. Sebesar apapun kesalahan kita, jangan berputus asa dari rahmat Allah.

Rasul sehari-harinya banyak beristighfar hingga 70x bahkan 100x sehari.

    1. Bersegeralah dalam memohon ampunan. QS 39:54 --- Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepadaNya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong.

    1. QS 39:55 --- Dan ikutlah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Qur’an) dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu secara mendadak, sedang kamu tidak menyadarinya.

Praktekan 3 hal yang telah disebut sebelumnya yaitu; membaca AlQur’an dengan hikmah, sholat dengan khusuk dan bersabar saat mendapt nasihat-nasihat


QS 39:17-18 --- Dan orang-orang yang menjauhi Tahut (yaitu) tidak menyembahnya dan kembali kepada Allah, mereka pantas mendapat berita gembira; sebab itu sampaikanlah kabar gembira itu kepada hamba-hambaKu. (yaitu) mereka yang mendengar perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat.

1 komentar: