...semoga semua pihak yang terlibat dengan tulisan ini medampat pahala dari Allah, penulis maupun yg membaca Nya...Insya Allah...amin....

freej

Wednesday 25 January 2012

Surat AL JASIYAHQS (Q S: 45)


PENGERTIAN

-         Bahasa: QS 45:28 , Jasiyah artinya berlutut/ bertekuk lutut.

-         Tafsir
Isyarat/lambang dari bumi/tanah tempat dimana kita nantinya akan dikuburkan.

QS 45:28 --- Dan (pada hari itu) engkau akan melihat setiap umat berlutut. Setiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan atas apa yang telah kamu kerjakan.

QS 45:24 --- Dan mereka berkata, “Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup, dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa.” Tetapi mereka tidak mempunyai ilmu tentang itu, mereka hanya menduga-duga saja.

QS 45:26 --- Katakanlah, “Allah yang menghidupkan kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak diragukan lagi; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

QS 20:55 --- Darinya (tanah) itulah Kami menciptakan kamu dan kepadanyalah Kami akan mengembalikan kamu dan dari sanalah Kami akan mengeluarkan kamu pada waktu yang lain.




HUBUNGAN  QS 44 & QS 45

            Bila QS menjelaskan tentang rintangan/halangan/penderitaan dan semua fenomena yang tidak disukai dimana hal itu dapat kita hadapi maka QS 45 berbicara tentang satu jenis dukhon/tantangan yang tidak dapat kita hindari yatiu kematian.

QS 62:6 --- Katakanlah (Muhammad), “Wahai orang-orang Yahudi! Jika kamu mengira bahwa kamulah kekasih Allah, bukan orang-orang yang lain, maka harapkanlah kematianmu, jika kamu orang yang benar.”

QS 62:7 --- Dan mereka tidak akan mengharapkan kematian itu selamanya disebabkan kejahatan yang telah mereka perbuat dengan tangan mereka sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang zalim.

QS 62:8 --- Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

QS 4:78 --- Dimanapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah”, dan jika mereka ditimpa suatu keburukan mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muhammad),” Katakanlah, “Semua (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikitpun)?”


PELAJARAN

Bagaimana sikap kita kepada tanah/bumi, agar ditutup Allah pintu neraka yang ke 6.

  1. Belajarlah dari sifat-sifatnya yang baik
    1. Tanah mempunyai sifat memberi kebaikan, walaupun mendapat  keburukan.
    2. Memaklumi apapun yang diperbuat manusia.

  1. Dengarkan pesan-pesan tanah yang baik.

QS 24:41 --- Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada  Allah lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

QS 17:44 --- Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memujiNya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.

QS 41:11 --- Kemudian Dia menuju ke langit dan (langit) itu masih berupa asap, lalu Dia berfirman kepadanya dan kepada bumi, “Datanglah kamu berdua menurut perintahKu dengan patuh atau terpaksa,” Keduanya menjawab, “Kami datang dengan patuh.”

QS 11:41 --- Dan dia berkata, “Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

QS 99:1-5 --- Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan, manusia bertanya “Apa yang terjadi pada bumi ini?” Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) padanya.

QS 45:4 --- Dan pada penciptaan dirimu dan pada makhluk bergerak yang bernyawa yang bertebaran (dibumi) terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) untuk kaum yang meyakini.

Pesan bumi (dalam hadits ada 5).

Wahai manusia yang berjalan di atasku, ingatlah bahwa ,

a.       aku adalah rumah yang gelap. Karenanya siapkan pelita sebelum datang kepadaku.
b.      Aku adalah rumah yang sepi, maka siapkanlah teman sebelum datang kepadaku.

Agar mendapat teman, bicaralah yang baik-baik.
QS 17:52 --- jika kita mempunyai teman, menunggu di alam barzah tidak terasa lama ---

QS 17:53 --- bicaralah yang baik-baik ---


c.       Aku adalah rumah yang penuh dengan binatang-binatang berbisa oleh karena itu siapkan penawar sebelum datang kepadaku.

Hadits: sholat akan memberi penawar
QS 25:45 --- selain untuk mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, sholat juga dapat mencegah dari hal-hal yang keji dan munkar.


3. Berikan penghormatan kepadanya.

No comments:

Post a Comment