...semoga semua pihak yang terlibat dengan tulisan ini medampat pahala dari Allah, penulis maupun yg membaca Nya...Insya Allah...amin....

freej

Thursday 22 December 2011

Surat Fatir/ Pencipta ( Q S : 35)

http://islamicquotes.net/blog/wp-content/uploads/2010/09/ATT000031.jpg
    Surat yang ke-:35
    Banyak ayatnya: 45
    Semuanya turun di Mekah (Makkiyah)
    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

    DI ALAM ROHANI SAYAP ADALAH LAMBANG KETERAMPILAN DALAM KECEPATAN

  1. Segala pujian kepunyaan Allah yang menciptakan langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai Pesuruh Bersayap(1) dua-dua, tiga-tiga dan empat-empat. Allah menambah ciptaanNya menurut kemauan-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala-galanya.
    1. Dalam alam rohani, setiap kemampuan keterampilan dalam bidang kecepatan atau kekuatan, biasa diperlambangkan dengan "sayap". Jadi kita tidak perlu menduga bahwa sayap malaikat itu mesti berotot dan berbulu semacam sayap burung umumnya. Adapun kalau dalam ayat 1 surah 35 ini, dinyatakan bahwa di antara malaikat itu ada yang bersayap dua, tiga atau empat buah, bahkan menurut sebuah sabda Nabi dalam Shahih Muslim, Nabi Muhammad sendiri telah mengimajinasikan Malaikat Jibril bersayap enam ratus buah, hal ini berarti sama seperti kita menyatakan tentang wujud dari mutu dan daya kecepatan 2 kali, 3 kali, atau 600 kali kecepatan suara.
  2. Rahmat apa juga yang dianugerahkan Allah kepada manusia, tidak seorangpun yang dapat menahannya, dan apa saja yang ditahanNya tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah Dia. Dan Dia Maha Perkasa dan Bijaksana.

  3. MERENUNGKAN NIKMAT ALLAH

  4. Hai manusia! Renungkanlah akan nikmat Allah yang ada padamu! Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan penghidupan kepadamu dari langit dan dari bumi? Tidak ada Tuhan kecuali Dia. Mengapa kamu masih saja menolak ke-Maha Esaan Dia?
  5. Jika mereka mendustakanmu, sesungguhnya Rasul-rasul sebelummupun telah didustakan pula. Dan kepada Allah dikembalikan segala urusan.

  6. KEBESARAN JIWA NABI MUHAMMAD

  7. Hai manusia! Sesungguhnya janji Allah itu pasti. Karena itu, janganlah kamu tertipu oleh kehidupan dunia ini, dan janganlah kamu mau diperdayakan tentang Allah oleh setan-setan penipu.
  8. Sesungguhnya setan itu musuhmu, karena itu perlakukanlah dia sebagai musuh. Dia hanya menyeru pengikut-pengikutnya supaya sama-sama menjadi penghuni neraka yang menyala.
  9. Siksaan yang dahsyat bagi orang-orang kafir, sedang untuk orang-orang yang beriman serta mengerjakan perbuatan yang baik-baik, disediakan ampunan dan pahala yang besar.
  10. Adakah pandangan orang yang diperdayakan setan tentang perbuatannya yang buruk, sehingga dianggapnya baik itu, dapat juga engkau terima? Sesungguhnya Allah membiarkan sesat siapa yang dikehendakiNya, dan ditunjukiNya siapa yang dikehendakiNya. Maka janganlah dirimu sampai berduka cita karena keingkaran mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa-apa yang mereka perbuat.

  11. BEBERAPA DALIL TENTANG KODRAT DAN KEESAAN ALLAH

  12. Dan Allah-lah yang menciptakan angin, sehingga ia dapat menggerakkan awan, lalu Kami halaukan ke negeri yang tandus. Dengan begitu Kami hidup suburkan negeri itu setelah ia mati gersang. Demikian pulalah berlakunya peristiwa kebangkitan hari nanti.
  13. Barangsiapa yang menghendaki Kejayaan, maka Kejayaan itu hanya ada dalam pengabdian pada Allah sepenuhnya. Kepada Dia-lah menjulang setiap ucapan yang baik Yang dimaksud dengan ucapan yang baik, a.l: kalimat tauhid, dzikir, dan membaca Al-Qur'an., sedang setiap perbuatan kebajikan menunjangnya. Adapun bagi mereka yang berbuat makar buruk telah disediakan suatu siksaan yang dahsyat. Rencana makar mereka itu akan segera nampak kegagalannya.
  14. Allah menciptakanmu pada mulanya dari unsur tanah, selanjutnya dari cairan mani kemudian ditentukan jenisnya, lelaki atau perempuan. Tidak seorang wanitapun yang mengandung atau melahirkan, melainkan dengan setahu Dia. Tidak akan dipanjangkan umur seorang yang telah ditetapkan Tuhan berumur pendek, dari ukuran yang telah dijangkakan di dalam Kitab Luhul Mahfuzh, yang demikian itu bagi Allah mudah saja.
  15. Tidak ada yang sama di antara dua lembaga air(1): yang satu tawar, segar, dan sedap diminum, dan yang lain asin serta pahit. Dari masing-masing lembaga air tersebut, kamu dapat mengambil hasil utamanya seperti: daging ikan yang segar, dan mengeluarkan barang-barang perhiasan yang kamu pakai. Kamupun dapat melihat di sana kapal-kapal berlayar menempuh gelombang, sebagai sarana kamu mencari karunia Tuhan. Mudah-mudahan kamu bersyukur kepada-Nya.
    1. Bahrain: dua bahar (lautan), yang dimaksud di sini ialah: dua lembaga air, air tawar dan air asin.
  16. Dimasukkan-Nya malam ke dalam siang, dan dimasukkan-Nya siang ke dalam malam, dan ditundukkan-Nya matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut edaran masa yang ditetapkan. Itulah Allah, Tuhanmu, yang mempunyai Kekuasaan Semesta. Apa-apa yang kamu sembah selain Allah, tidak mempunyai kekuasaan agak secuilpun.
  17. Jika kamu menyerunya, mareka tidak akan mendengar seruanmu; dan andaikata mereka mendengar mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu, dan di hari kiamat mereka mengingkari kemusyrikanmu. Tiada seorangpun yang dapat memberikan keterangan kepadamu, seperti yang diberikan Tuhan Yang Maha Mengetahui.

  18. MEMUJA ALLAH MERUPAKAN KEPENTINGAN MANUSIA

  19. Hai manusia! Kamulah yang berkepentingan kepada Allah, sedang Allah itu Maha Kaya, dan Tumpuan Puji.
  20. Jika Dia mau, niscaya dimusnahkan-Nya kamu dan diganti-Nya dengan makhluk yang baru.
  21. Hal itu bagi Allah tidak sukar.

  22. SESEORANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP DOSA ORANG LAIN

  23. Seorang penanggung dosa tidak dapat menanggung dosa orang lain. Kalau ada seorang yang berat dosanya minta tolong kepada orang lain supaya suka memikulkan dosanya, niscaya tidak akan dipikulkan kepadanya, meskipun kerabatnya sendiri. Sesungguhnya yang dapat engkau beri peringatan hanyalah orang-orang yang takut kepada Tuhannya, sekalipun mereka tidak melihat-Nya, dan mereka mengerjakan shalat. Barangsiapa yang membersihkan jiwanya dari noda-noda kejahatan, maka dia sendirilah yang akan mendapatkan manfaatnya. Kemudian kepada Allah tempat kembali semuanya.

  24. PETUNJUK DAN KEBAHAGIAAN HANYA DI TANGAN ALLAH

  25. Tidak sama orang yang buta dengan orang yang melihat.
  26. Tidak pula sama gelap-gulita dengan cahaya.
  27. Tidak pula sama yang teduh dengan yang panas terik.
  28. Tidak sama pula orang yang hidup hati nuraninya dengan orang yang mati hati nuraninya. Sungguh, Allah dapat membuat siapa saja yang Dia kehendaki mampu mendengar. Namun engkau Muhammad, toh tidak akan dapat membuat orang yang sudah berada dalam kuburan dapat mendengar.
  29. Engkau lain tidak, hanyalah seorang pemberi peringatan.

  30. MENDUSTAKAN RASUL-RASUL, BUKAN KEINGKARAN YANG BARU

  31. Sungguh! Benar-benar Kami telah mengutus engkau, Muhammad, sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Sebagaimana halnya setiap bangsa tanpa ada kecualinya, telah didatangi seorang pemberi peringatan.
  32. Jika mereka mendustakanmu, maka umat-umat yang sebelum merekapun, telah mendustakan rasul-rasul-Nya pula. Rasul-rasul itu datang kepada mereka dengan membawa mukjizat-mukjizat, dalil-dalil yang meyakinkan, dan Kitab-kitab yang menerangi.
  33. Akhirnya Aku siksa orang-orang yang kafir itu. Alangkah dahsyatnya siksaanku terhadap mereka!

  34. MENIMBA PELAJARAN DARI ALAM PENCIPTAAN

  35. Tidakkah engkau lihat, betapa Allah menciptakan beraneka Alam Kehidupan dari lembaga air, maka Kami turunkan hujan dari awan. Lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka warna. Dan gunungpun demikian pula, ada yang mempunyai garis-garis putih jernih, merah saga, dan hitam pekat.
  36. Demikian juga umat manusia, semua makhluk bergerak dan binatang ternak bermacam-macam pula warnanya. Hanya kaum sarjana sajalah di antara para hamba-Nya yang benar-benar takut kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa dan Pengampun.

  37. MEMATUHI HUKUM AGAMA, ADALAH LEMBAGA NIAGA YANG TAKKAN PERNAH BANGKRUT

  38. Sesungguhnya orang-orang yang mempelajari Kitab Allah, mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu boleh mengharapkan suatu perniagaan yang tak akan pernah bangkrut.
  39. Karena Allah selain hendak menunaikan pahala mereka juga hendak menambah lagi kurnia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan mensyukuri ketaatan hambaNya.
  40. Apa yang Kami wahyukan kepadamu daripada Kitab Al-Qur'an ini adalah kebenaran yang membenarkan kitab-kitab sebelumnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Mengetahui dan Melihat.

  41. TIGA GOLONGAN KAUM MUKMIN

  42. Kemudian Kitab ini Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, namun di antara mereka ada yang bertindak aniaya terhadap diri sendiri, ada pula di antara mereka yang menengah, dan ada pula di antara mereka yang paling dahulu mengerjakan kebajikan dengan izin Allah Tiga golongan kaum Mukmin:
    1. Golongan yang lebih cenderung untuk berbuat kejahatan dari pada berbuat kebajikan.
    2. Golongan menengah, yakni mereka yang seimbang kebaikan dengan kejahatannya.
    3. Golongan yang cenderung untuk berbuat kebajikan daripada berbuat kejahatan.
    . Warisan dan pilihan itu merupakan Karunia Besar.
  43. Beberapa Taman Abadi, yang akan mereka masuki. Di sana mereka akan diberi perhiasan dengan gelang emas bertatahkan mutiara, serta pakaian dari sutera dewangga.
  44. Ketika itu mereka mengucapkan: "Segala puji untuk Allah yang telah menghilangkan segala duka cita kami. Sesungguhnya Tuhan kami Maha Pengampun dan mensyukuri ketaatan hambaNya.
  45. Yang telah menempatkan kami dengan karunia-Nya pada tempat yang abadi. Di sana kami bebas derita dari segala susah payah dan rasa kejemuan yang meletihkan".

  46. GOLONGAN KAFIR MINTA KEMBALI KE DUNIA

  47. Sedang untuk orang-orang yang kafir disediakan neraka jahanam. Di mana mereka tidak dijatuhi hukuman mati yang kedua, tidak pula diringankan siksaannya. Demikianlah Kami balas setiap orang yang kafir.
  48. Di sana mereka akan berteriak minta tolong: O, Tuhan kami! Keluarkanlah kami, niscaya kami akan mengerjakan kebaikan, bukan lagi keburukan yang biasa kami lakukan dahulu." Tuhan berfirman: "Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu, sehingga orang-orang yang mau sadar mendapat kesempatan untuk mendapat kesadaran, dan orang-orang yang memberi peringatan telah datang pula kepadamu. Karena itu, rasakanlah siksaan Kami, dan tak ada penolong bagi orang-orang yang zalim".

  49. ILMU TUHAN, MELIPUTI SEGALA-GALANYA

  50. Sesungguhnya Allah mengetahui rahasia langit dan bumi, sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.
  51. Dia yang mengangkatmu menjadi khalifah di Bumi ini. Maka siapa yang mengingkari karunia Allah ini, akibatnya akan menimpa dirinya sendiri. Keingkaran orang-orang yang ingkar karunia itu, hanyalah menambah kemurkaan belaka di sisi Tuhannya, yah keingkaran orang-orang yang ingkar itu hanyalah akan menambah kerugian semata.

  52. AJARAN KEMUSYRIKAN HANYALAH TAHAYUL YANG MEMATIKAN PIKIRAN

  53. Katakanlah: "Coba terangkan kepada-Ku, tentang sekutu-sekutumu yang kamu sembah selain Allah itu. Coba tunjukkan apakah yang telah diciptakannya di bumi, ataukah mereka mempunyai Tanda Penyertaan bersama dengan Tuhan dalam menciptakan langit? Ataukah Kami telah memberikan sebuah Kitab kepada mereka kaum musyrik yang jelas-jelas membenarkannya itu? Tidak! Kaum angkara murka itu, hanya mengikuti ajaran nenek moyangnya yang berbau takhayul semata!

  54. AJARAN KETUHANAN Y.M.E. TENTANG HUKUM DAYA TARIK MENARIK DI ANTARA BENDA (DAYA)

  55. Sesungguhnya Allah-lah yang memelihara hukum perhubungan benda angkasa dan bumi(1) supaya masing-masing jangan sampai terpeleset dari bidang edarnya. Namun suatu ketika jika benda angkasa dan bumi itu terpeleset dari bidang edarnya masing-masing, tidak ada yang dapat menahan keduanya selain dari pada Tuhan. Sungguh! Dia Maha Penyantun dan Maha Pengampun.
    1. Hukum Perhubungan benda angkasa dan Bumi, ialah apa yang dinamakan menurut istilah ilmu pasti alam dengan "Hukum Daya Tarik Menarik Antar Benda (Daya) atau "kohesi". Sedang yang dimaksudkan dengan "Langit dan Bumi" adalah Jagat Semesta atau Alam Raya yang dapat terpelihara ketertibannya karena adanya "kohesi" tadi. Bagaimanakah kalau sekiranya berlaku firman-Nya: "Namun satu ketika jika benda angkasa dan bumi itu terpeleset dari bidang edarnya?" Agaknya terjadilah apa yang dinamakan "Kiamat!" Namun syukurlah Tuhan selalu memelihara adanya Hukum Daya Tarik-menarik itu sampai satu waktu, yang hanya diketahui oleh-Nya.

  56. KAUM MUSYRIKIN MENGINGKARI KERASULAN MUHAMMAD SETELAH MEREKA BERADA BERSAMA DENGAN MUHAMMAD

  57. Mereka orang-orang kafir Mekah bersumpah sungguh-sungguh atas nama Allah, bahwa jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan niscaya mereka akan menerima petunjuk itu lebih dari umat yang lain Yahudi dan Nasrani. Tetapi setelah pemberi peringatan itu datang menyeru mereka, mereka bukan mendekati malah bertambah lari menjauhinya.
  58. Karena merasa sombong untuk mengakui kebenaran itu di muka masyarakat negerinya lebih-lebih pula karena rencana makar jahatnya. Namun rencana makar jahat itu akan berbalik menimpa perencananya sendiri. Bukankah mereka itu hanya tinggal menanti sunnah Allah Yaitu hukuman musnah terhadap mereka yang mendustakan Rasul. yang biasa berlaku pada masyarakat yang sudah lalu? Engkau sekali-kali tidak akan mendapatkan penggantian pada Hukum Allah itu, tidak pula akan engkau dapati perubahannya.
  59. Apakah mereka tidak pernah bepergian di muka bumi ini, untuk menyelidiki bagaimana nasibnya bangsa-bangsa yang sebelum mereka, sedangkan bangsa-bangsa itu lebih besar kekuatannya dari mereka? Tidak suatupun yang berada di langit maupun yang ada di bumi yang mampu melemahkan Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Kuasa.
  60. Kalau sekiranya Allah menyiksa manusia karena kesalahan yang diperbuatnya, niscaya tidak akan ada satu makhluk bergerakpun yang tinggal di muka bumi itu, namun Allah menangguhkan siksa terhadap mereka sampai pada batas masanya yang telah ditentukan. Apabila sudah sampai jatuh temponya, maka Allah tentu akan mengadili mereka. Sungguh Allah itu Maha Melihat segala perkara para hamba-Nya.
...semoga bermanfaat...

1 comment: