...semoga semua pihak yang terlibat dengan tulisan ini medampat pahala dari Allah, penulis maupun yg membaca Nya...Insya Allah...amin....

Minggu, 06 November 2011

Maryam (QS : 19)


Alhamdulillah. karena hari ini kita masih bisa baca satu surat lagi,yaitu Surat 19, Maryam. Kedua surat ini diturunkan di Makkah, Dan sebagaimana dimaklumi surat-surat yang diturunkan di Makkah penuhlah dengan tuntunan akidah tentang kekuasaan mutlak dan keesaan Allah.

Keistimewaan isi Surat Maryam yang terutama ialah kisah kelahiran dua orang Nabi Allah Yahya dan Isa Almasih yang ajaib menunjukkan Kemaha Kekuasaan Allah, Tuhan sekalian alam. Keajaiban kelahiran Yahya ialah karena Tuhan mengabulkan permohonan ayahnya yang menurut beberapa riwayat ahli tafsir bahwa umur Nabi Zakariya ketika dia memohon agar Allah memberinya anugerah seorang anak laki-laki ialah lebih 70 tahun menurut riwayat dari Qatadah, 95 tahun menurut riwayat Muqatil.

Sedang isteri beliau mandul. Namun bagi Tuhan mudah saja buat menganugerahi dia anak.Keistimewaan yang kedua ialah kelahiran Nabi Isa Almasih yang disebut juga Isa anak Maryam. Dia dtlahirkan oleh anak perempuan bernama Maryam, yang di dalam ali Imran yang diturunkan di Madinah, dari ayat 42 sampai 51 dijelaskan dahulu kesucian perempuan itu, sehingga tidaklah mungkin bahwa hamil karena hubungan dengan seorang laki-laki di luar nikah.

Riwayat kesucian kelahiran Isa Almasih di dalam Surat Maryam inilah yang dibaca oleh Ja'far bin Abu Thalib di hadapan Najasyi Raja Habsyi yang memeluk Agama Nasrani. Lalu setelah didengarnya dengan seksama maka baginda pun menyatakan memeluk agama Nabi Muhammad saw. sampai meninggalnya baginda tetap dalam Islam, sehingga disembahyang ghaibkan 0leh Nabi saw. karena pada malam kematian beliau, Nabi saw. telah diberitahukan oleh malaikat .

Baik dengan kisah Nabi Isa di Surat Maryam ini, atau yang menjadi lebih jelas lagi di dalam Surat ali Imran dilukiskan akidah Islam tentang diri Nabi Isa. Sementara itu, Nabi Isa dilahirkan ke dunia ini tidak menurut yang biasa, yaitu dari hubungan kelamin seorang laki-laki dengan seorang perempuan, bukanlah berarti bahwa Isa Almasih itu anak Allah, sebagai kepercayaan Ummat Nasrani, melainkan menunjukkan kekuasaan Mutlak dari Allah, yang dapat berbuat lebih hebat dan dahsyat dari itu, Kalau Isa Almasih akan dikatakan anak Allah kerana beliau lahir di luar dari kebiasaan, maka beribu-ribu lagi makhluk Allah yang lebih dahsyat kejadiannya dari kelahiran Isa.

Matahari yang telah berjuta-juta tahun terus menyala menerangi alam, menyebabkan dan memberikan kehidupan (fotosintesis). Namun Matahari tidak disembah, tidak dituhankan. Dan dengan kisah di kedua surat ini ditolak fitnah orang Yahudi yang di antara mereka ada yang memberikan tuduhan amat hina kepada Maryam yang suci, dengan mengatakan bahwa anak itu "tidak jelas" siapa bapanya.

Dan Islam menjelaskan pula akidahnya tentang kesucian Maryam , yang keempat Injil yang resmi ( Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohannes) sendiri tidak berkata semulia itu terhadap diri beliau. Tetapi Islam tidak mengatakan nya "lbu Tuhan", sebagai kepercayaan kaum Kristen Katholik.

lnilah isi dari Surat Maryam. Moga-moga dapat membawa kita mengenal isi sabda Ilahi, .... Amin!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar